PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SDN 044826 SAMURA T.P 2020/2021

WINDIANITA, . (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV SDN 044826 SAMURA T.P 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

WINDIANITA. NPM: 1715010077. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di Kelas IV SDN 044826 Samura T.P 2020/2021”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa di kelas IV SDN 044826 Samura, gambaran prestasi belajar siswa kelas IV SDN 044826 Samura, dan pengaruh signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar di kelas IV SDN 044826 Samura T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 044826 Samura sebanyak 29 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total sehingga sampel pada penelitian berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan untuk data prestasi belajar diambil dari rata-rata daftar kumpulan nilai (DKN) semester ganjil. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran motivasi belajar siswa kelas IV SDN 044826 Samura dalam kategori sangat tinggi dengan total nilai angket 1.339 dengan rata-rata 83,68. Gambaran prestasi belajar siswa kelas IV SDN 044826 Samura dalam kategori sangat baik dengan total nilai keseluruhan 2.455 dan rata-rata akhirnya 84,65. Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar di kelas IV SDN 044826 Samura T.P 2020/2021 dengan niai t hitung 12,395 lebih besar dari pada t tabel 2,056 dan nilai signifikansinya sebesar 0,911.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student motivation, learning achievement
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Widianita . .
Date Deposited: 11 Jun 2021 08:06
Last Modified: 11 Jun 2021 08:06
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item