UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RESBINA BR GINTING, - (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
BAB III -V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (768kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RESBINA BR GINTING, NPM : 1815010042 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Gambar Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas tiga, hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040538 Sampun. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tiga yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan lingkungan. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 17 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPA pada pokok bahasan lingkungan di kelas tiga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran, Media Gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Learning, Picture Media
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: RESBINA BR GINTING
Date Deposited: 06 Aug 2022 05:19
Last Modified: 06 Aug 2022 05:19
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item