Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Index Card Match Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Materi Bilangan Romawi Si Kelas IV SD Negeri Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022

RIBKA LORENZA BR GIRSANG, - (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Index Card Match Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Materi Bilangan Romawi Si Kelas IV SD Negeri Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (962kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (292kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (370kB)
[img] Text
5. BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (960kB)

Abstract

RIBKA LORENZA BR GIRSANG, NPM 1815010021 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Index Card Match Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Materi Bilangan Romawi Di Kelas IV SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Matematika materi bilangan romawi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040473 Beganding yang berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Matematika materi bilangan romawi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan hasil perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, diperoleh pelaksanaan aktivitas guru 80% yang berkriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84 yang berkriteria baik. Dimana hasil belajar yang diperoleh siswa dari 20 siswa yang tuntas belajar adalah 17 (85%) siswa dan dari 20 siswa yang tidak tuntas belajar 3 (15%) siswa, sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Matematika materi bilangan romawi dikelas IV SD Negeri 040473 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Index Card Match

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KeywordsKeywords: : Learning OutcomesLearning Outcomes,, Index Card Match Learning ModelIndex Card Match Learning Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: RIBKA LORENZA BR GIRSANG
Date Deposited: 06 Aug 2022 04:42
Last Modified: 06 Aug 2022 04:42
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item