PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 047160 KEJORA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2021/2022

SHOBA ARUM SYAFITRI SEMBIRING, . (2022) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 047160 KEJORA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Quality Berastagi.

[img] Text
sampul 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (668kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu disiplin belajar. Perbedaan disiplin belajar pada masing-masing siswa memunculkan prestasi belajar yang berbeda-beda pula, seperti halnya disiplin dan prestasi belajar kelas VI Sekolah Dasar Negeri 047160 Kejora Berastagi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)gambaran disiplin belajar siswa (2) gambaran prestasi belajar siswa (3)Ada pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 047160 Kejora Berastagi. Sampel penelitian sebanyak 24 siswa. Variabel penelitian meliputi disiplin belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat disiplin belajar siswa sebesar 88,7 dan termasuk dalam kategori sangat baik, (2) tingkat prestasi belajar siswa sebesar 83,5 dan termasuk dalam kategori baik, (3) Nilai sig. sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, Berdasarkan hasil Uji t (parsial) menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh terhadap disiplin belajar siswa (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) hal dapat dilihat dari thitung > dari ttabel (39,11 > 2.052) yang menyatakan ada pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 047160 Kejora Berastagi dalam kategori sangat baik. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan disiplin belajar siswa sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Discipline, Learning Achievement
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Shoba Arum Syafitri Sembiring
Date Deposited: 06 Aug 2022 03:25
Last Modified: 06 Aug 2022 03:25
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item