Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Tema 4 Subtema 2 Pokok Bahasan Jenis- Jenis Bangun Datar/Persegi Di Kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022

ERIC ROBERTO TARIGAN, . (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Tema 4 Subtema 2 Pokok Bahasan Jenis- Jenis Bangun Datar/Persegi Di Kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
sampul .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (367kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (850kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

ERIC ROBERTO TARIGAN, NPM 1815010015 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Tema 4 Subtema 2 Pokok Bahasan Jenis- Jenis Bangun Datar/Persegi Di Kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah menjadi pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model make a macth pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan jenis – jenis bangun datar/persegi di kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe yang berjumlah 21 orang dan penggunaan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran matematika pokok bahasan jenis – jenis bangun datar/persegi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan hasil perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, diperoleh pelaksanaan aktivitas guru sebesar 79% yang berkriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84 yang berkriteria baik. Dimana hasil ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari 21 siswa yang tuntas belajar adalah 18 (86%) siswa dan dari 21 siswa yang tidak tuntas belajar 3 (14%) siswa, sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Mateatika pokok bahasan bahasan jenis – jenis bangun datar/persegi di kelas IV SD Negeri 044839 Bulan Jahe Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Application of the Make a Match Learning Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Eric Roberto Tarigan
Date Deposited: 06 Aug 2022 03:09
Last Modified: 06 Aug 2022 03:09
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item