Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri 040463 Sumbul Tahun Pelajaran 2021/2022

Indah Sari Br Tarigan, . (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri 040463 Sumbul Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (350kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (803kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Indah Sari Br Tarigan, NPM 1815010010 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri 040463 Sumbul Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan bangun ruang di kelas V SD Negeri 040463 Sumbul Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040463 Sumbul yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 040463 Sumbul Tahun Pelajaran 2021/2022. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes bentuk pilihan berganda sebanyak 5 soal tes. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 59,8% atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 68 atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 30 siswa yang tuntas 18 orang dan yang tidak tuntas 12 orang, secara klasikal 60% yang tuntas dan 40% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 67,33 atau berkategori cukup atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 81,5% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 84, hasil belajar individu dari 30 siswa yang tuntas 26 orang dan yang tidak tuntas 4 orang, secara klasikal 87% yang tuntas dan 13% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 84,66 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan bangun ruang di kelas V SD Negeri 040463 Sumbul Tahun Pelajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Learning, Learning Outcomes, Problem Based Learning Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Indah Sari Br Tarigan
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:06
Last Modified: 05 Aug 2022 08:06
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/390

Actions (login required)

View Item View Item