Fitri Devi Ayu Br Raja Gukguk, . (2022) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD Elim Kairos Smart Berastagi Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (854kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB 2 .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (692kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (89kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri Devi Ayu Br Raja Gukguk, NPM 1815010057 : “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD Elim Kairos Smart Berastagi Tahun Pelajaran 2021/2022” Jenis Penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD Elim Kairos Smart Berastagi Tahun Pelajaran 2021/2022”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Elim Kairos Smart Berastagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Elim Kairos Smart Berastagi yang berjumlah 21 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD Elim Kairos Smart Berastagi Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisasi data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian ini di peroleh deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkriteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 78.8%, sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 84 serta yang tuntas secara individu 19, secara klasiskal 86,67% dan rata-rata 80,66. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SD Elim Kairos Smart Berastagi Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Hasil belajar, Kooperatif Tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil belajar, Kooperatif Tipe STAD. |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | FITRI DEVI AYU BR RAJAGUKGUK |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:11 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:11 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |