Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 2 Pokok Bahasan Energi Panas Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SD Negeri 047174 Kuta Rayat Tahun Ajaran 2021/2022

Andes Pramilando Tarigan, . (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 2 Pokok Bahasan Energi Panas Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SD Negeri 047174 Kuta Rayat Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (990kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (575kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (676kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Andes Pramilando Tarigan , NPM, 1815010055, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Tema 2 Pokok Bahasan Energi Panas Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Di Kelas IV SD Negeri 047174 Kuta Rayat Tahun Ajaran 2021/2022” Masalah yang di teliti dalam skripsi ini yaitu kurang maksimal hasil belajar siswa khususnya pada Mata Pelajaran IPA Tema 2 Pokok Bahasan Energi Panas Dengan Menggunakan di kelas IV SD Negeri 047174 Kuta Rayat Tahun Ajaran 2021/2022” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan pokok bahasan Energi Panas dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SD Negeri 047174 Kuta Rayat Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 047174 Kuta Rayat. Subjek penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri 047174 Kuta Rayat yang berjumlah 23 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 81.8% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan jumlah 82, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 20 orang siswa dari 23 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 87% dan nilai rata-rata siswa 84,34. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, Pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara klaksikal dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan metode demonstrasi mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 047174 Kuta Rayat Tahun Ajaran 2021/2022

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Method.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Andes Pramilando Tarigan
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:37
Last Modified: 03 Aug 2022 07:37
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item