HAMBATAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 040446 KABANJAHE PADA MASA PANDEMI COVID-19

YUSNITA NUR SHELLY BR SINULINGGA, YUSNITA SINULINGGA (2022) HAMBATAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI 040446 KABANJAHE PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (475kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (718kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang mengalami perubahan karena adanya wabah Virus Corona atau Covid-19. Karena hal ini, pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring. Perubahan kegiatan belajar mengajar yang terjadi secara cepat dan tiba-tiba menjadi alasan ketidaksiapan guru sehingga mengalami hambatan dalam memberi pembelajaran secara daring. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring daring pada masa pandemi Covid-19.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040446 Kabanjahe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui hasil penelitian dan kesimpulan bahwa perencanaan pembelajaran daring disesuaikan dengan kurikulum darurat. Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp melalui video pembelajaran. Hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring dengan persentase terbesar adalah tidak adanya paket internet atau kuota, tidak adanya handphone atau android, koneksi atau jaringan internet susah, pembentukan karakter dan pemberian motivasi kepada siswa kurang maksimal. Untuk mengatasi hambatan tersebut dilakukan beberapa solusi yaitu, diberikan paket internet untuk guru dan siswa, siswa dapat mengikuti pembelajaran luring dengan taat protokol kesehatan, guru melakukan pengulangan materi, dan guru melakuan kunjungan kerumah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teacher Barriers in the Implementation of Online During the Covid-19 Pandemic
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: YUSNITA NUR SHELLY BR SINULINGGA
Date Deposited: 06 Aug 2022 02:45
Last Modified: 06 Aug 2022 02:45
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item