Penggunaan metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli siswa kelas XI IPS 3 SMA katolik 1 kabanjahe tahun ajaran 2021/2022

FITRA GEOVANI, TARIGAN (2022) Penggunaan metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli siswa kelas XI IPS 3 SMA katolik 1 kabanjahe tahun ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
COVER (.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (995kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (569kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Fitra Geovani Tarigan, NPM 1815030002.Penggunaan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Siswa Kelas Xi Ips 3 SMA Katolik 1 Kaban Jahe Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan olahraga. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Berastagi 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bermain mata pelajaran olahraga dengan materi bola volidi kelas xl ips 3 SMA katolik 1 kabanjahe tahaun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di,SMA katolik 1 kabanjahe dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas xl ips 3 SMA katolik 1 kabanjahe, dengan jumlah siswa 35 orang dan objek penelitian penggunaan metode bermain pada mata pelajaran olahraga. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (60,3) dan siswa (62,5) pada siklus I masih cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 24 siswa dan 11 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 72,14. Presentase klasikal sebesar 65%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik dengan nilai (71,3) meningkat (11%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baik dengan nilai (75%) meningkat (12,5%). Siswa yang tuntas individu sebanyak 30 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa dengan nilai rata-rata (80,23) meningkat (8,09%). Persentase ketuntasan klasikal sebesar 85% dan meningkat (20%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan metode bermain pada mata pelajaran olahraga di kelas xl ips 3 SMA katolik 1 kabanjahe. Kata kunci:Hasil Belajar Siswa, Metode Bermain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: student learning , outcomes playing method
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport > 790 Recreational and Performing Arts
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Olahraga
Depositing User: Fitra Geovani Tarigan
Date Deposited: 02 Aug 2022 09:16
Last Modified: 02 Aug 2022 09:16
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item