MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 040463 KABANJAHE T.P 2021/2022

Yuvita Sri Rejeki Br Tarigan, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 BAGIAN – BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 040463 KABANJAHE T.P 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL YUVITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[img] Text
ABSTRAK YUVITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)
[img] Text
BAB I YUVITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (235kB)
[img] Text
BAB II YUVITA (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (530kB)
[img] Text
BAB III -V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (668kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YUVITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK YUVITA SRI REJEKI BR TARIGAN, NPM 1815010009 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Quantum Learning Mata Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 1 Bagian – Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Di Kelas IV SD Negeri 040463 Kabanjahe T.P 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Quantum Learning mata pelajaran IPA tema 3 subtema 1 bagian – bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas iv sd negeri 040463 kabanjahe T.P 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040463 Kabanjahe yang berjumlah 25 orang dan penggunaan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian – bagian tumbuhan dan fungsinya. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan hasil perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, diperoleh pelaksanaan aktivitas guru 80,7% yang berkriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84,4 yang berkriteria baik. Dimana hasil ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari 25 siswa yang tuntas belajar adalah 22 (88%) siswadandari 25 siswa yang tidak tuntas belajar 3 (12%) siswa, sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal.Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajara IPA pokok bahasan bagian – bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas IV SD Negeri 040463 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Penerapan Model Quantum Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Application of Quantum Learning Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Yuvita Sri Rejeki Br Tarigan
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:23
Last Modified: 03 Aug 2022 07:23
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item View Item