MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040482 GAJAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

EFRANATA GINTING, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040482 GAJAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
FILE SAMPUL..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (343kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (348kB)
[img] Text
FILE BAB III - BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (891kB)
[img] Text
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (128kB)
[img] Text
FILE LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK EFRANATA GINTING , NPM: 1815010068 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality berastagi : “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan metode domonstrasi pada mata pembelajaran ipa di keals V tahun Pelajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode domonstrasi pada mata pembelajaran ipa Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode domonstrasi pada mata pembelajaran ipa pokok bahasan zat tunggal dan campuran di kelas V tahun Pelajaran 2021/2022”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD NEGERI 040482 gajah yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan motedo domonstrasi pada mata pembelajaran ipa pokok bahasan zat tunggal dan campuran Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 17 siswa dan siswa yang tidak tuntas 11 siswa dari 28 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 60,7% dan nilai rata-rata 64,64. Hasil penelitian siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 80% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa memperoleh nilai 84 dengan berkategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 24 siswa dan yang tidak tuntas 4 orang siswa dari 28 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II adalah 85,8% dan nilai rata-rata 81,42. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan motedo domonstrasi pada mata pembelajaran ipa pokok bahasan zat tunggal dan campuran Tahun Pelajaran 2021/2022. dengan kategori baik dan hasil belajar meningkat . Kata Kunci : Pembelajaran, hasil belajar metode domonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes using science subjects demonstration
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Efranata - Ginting
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:08
Last Modified: 02 Aug 2022 08:08
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item