EFRANATA GINTING, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040482 GAJAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
FILE SAMPUL..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
FILE ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (343kB) |
![]() |
Text
FILE BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (243kB) |
![]() |
Text
FILE BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (348kB) |
![]() |
Text
FILE BAB III - BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (891kB) |
![]() |
Text
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (128kB) |
![]() |
Text
FILE LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK EFRANATA GINTING , NPM: 1815010068 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality berastagi : “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan metode domonstrasi pada mata pembelajaran ipa di keals V tahun Pelajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode domonstrasi pada mata pembelajaran ipa Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode domonstrasi pada mata pembelajaran ipa pokok bahasan zat tunggal dan campuran di kelas V tahun Pelajaran 2021/2022”. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD NEGERI 040482 gajah yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan motedo domonstrasi pada mata pembelajaran ipa pokok bahasan zat tunggal dan campuran Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 17 siswa dan siswa yang tidak tuntas 11 siswa dari 28 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 60,7% dan nilai rata-rata 64,64. Hasil penelitian siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 80% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa memperoleh nilai 84 dengan berkategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 24 siswa dan yang tidak tuntas 4 orang siswa dari 28 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II adalah 85,8% dan nilai rata-rata 81,42. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan motedo domonstrasi pada mata pembelajaran ipa pokok bahasan zat tunggal dan campuran Tahun Pelajaran 2021/2022. dengan kategori baik dan hasil belajar meningkat . Kata Kunci : Pembelajaran, hasil belajar metode domonstrasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning outcomes using science subjects demonstration |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social Science 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Efranata - Ginting |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:08 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 08:08 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |