MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SELLI MARSELINA BR SITEPU, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (902kB)
[img] Text
2. abstrak(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (589kB)
[img] Text
3. Bab 1(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
4. bab 2(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
5. bab III - V(1).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
6. daftar pustaka(1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (430kB)
[img] Text
7. lampiran skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SELLI MARSELINA BR SITEPU. NPM : 1815010075. “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Cooperative Scrip Pada Mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Script. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 047174 Kutarayat, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Model Cooperative Script terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Di Kelas V SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2021/2022. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan berganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Cooperative Script pada materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem di Kelas V berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,8 dan tingkat penguasan siswa secara klasikal 64% dari 25 siswa terdapat 16 orang yang mencapai nilai KKM yaitu 70 dan 9 orang yang tidak tuntas atau tidak mencapai nilai KKM 70. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,4 dari 25 siswa terdapat 22 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajarnya dan 3 siswa yang tidak tuntas belajarnya. Berdasarkan temuan dan hasil penlitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Cooperative Script dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPA Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Dalam Ekosistem di Kelas V SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Cooperative Script, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Script Model, Science Subjects
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Selli Marselina Br Sitepu
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:29
Last Modified: 01 Aug 2022 07:29
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item