May Vania Theresia Milala, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TEMA 3 SUB TEMA 1 BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (875kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (235kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (733kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (96kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
May Vania Theresia Milala, NPM. 1815010060 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) Tema 3 Sub Tema 1 Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Di Kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022” Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model numbered head together (NHT) di kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe yang berjumlah 20 orang siswa, dan sebagai objek penelitian ini adalah menggunakan model numbered head together (NHT) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan dua siklus yang berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan soal test berbentuk pilihan berganda. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentase 60.5% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 62 sedangkan ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 11 siswa dari 20 siswa dan yang tidak tuntas 9 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 55% dan nilai rata – rata siswa 63. Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru yaitu dengan presentase 75.5% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 82, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 18 siswa dari 20 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar yaitu 2 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 90% dan nilai rata – rata siswa 88. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model numbered head together (NHT) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022 sudah tuntas secara klasikal dan mencapai kategori baik, dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model numbered head together (NHT) pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Numbered Head Together (NHT) Model, Parts of Plants and Their Functions |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social Science 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | MAY VANIA THERESIA MILALA |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 05:08 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 05:08 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |