HUBUNGAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ledi Dwi Agata Br Sembiring, . (2022) HUBUNGAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (183kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)
[img] Text
BAB III -BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (688kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Ledi Dwi Agata Br Sembiring, NPM : 1715010002 Hubungan Keaktifan Bertanya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 045965 Peceren Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keaktifan bertanya siswa, untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa, dan untuk mengetahui ada hubungan yang siginifikan antara keaktifan bertanya dengan hasil belajar IPA siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SD Negri 045965 Peceren, sampel penelitian ini adalah proposi kecil dari populasi yang berjumlah 20 orang. Diantranya 19 orang laki – laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner atau angket dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan pegujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan butir angket nomor 1 harga rxy hitung sebesar 0,476 dengan harga rxytabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 20, yaitu 0,444 maka dapat diketahui bahwa rxyhitung > rxytabel (0,486 > 0,4440, maka butir angket no 1 termasuk butir angket yang valid. Setelah mendapatkan butir soal yang valid, butir soal tersebut di uji reliabelitas nya. Dari hasil uji reliabilitas intrumen angket keaktifan bertanya didapat rhitung = 0,747 dikonsultasikan dengan harga product moment dengan N = 20 pada taraf signifikan 5% maka didapat rtabel = 0,444. Sehingga harga rhitung ≥ rtabel yakni ≥ 0,747yang berarti soal angket keaktifan bertanya siswa adalah reliabel. Uji normalitas data setiap variabel penelitian diperoleh X2hitung < X2 tabel pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data variabel keaktifan bertanya siswa (X) dan hasil belajar mata pelajaran IPA (Y) berdasarkan chi – kuadrat adalah berdistribusi normal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah gambaran keaktifan bertanya siswa kelas IV SDN 045965 Peceren Tahun Pembelajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori rendah dengan adanya 12 orang dari 20 siswa memiliki interval keaktifan bertanya 24-33, gambaran hasil belajar siswa kelas IV SDN 045965 Peceren Tahun Pembelajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori rendah dengan nilai rata – rata (mean) sebesar 68,9 dan hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan keaktifan bertanya dengan hasil belajar IPA kelas IV SDN 045965 Peceren Tahun Pembelajaran 2021/2022 dengan nilai thitung 1,846 > 1,688 ttabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Questioning Relationship, Learning Outcomes, Science
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Ledi Dwi Agata
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:25
Last Modified: 01 Aug 2022 03:25
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item