GABRIEL PRIMA SITEPU, . (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040527 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (248kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (521kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (791kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (97kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
GABRIEL PRIMA SITEPU, NPM : 1815010028 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 040527 Tigapanah Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Picture And Picture. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040527 Tigapanah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur hidup hewan. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik, dimana nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 81% dan nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal sebesar 87% dan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66 dan pada siklus II sebesar 85 dengan peningkatan sebesar 29%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada pokok bahasan daur hidup hewan di kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Picture And Picture Learning Model |
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 370 Education 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Gabriel Prima Sitepu |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 09:30 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 09:30 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |