MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM TEMA 8 SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN AJARAN 2021/2022

FEMINTIYANI BR SEMBIRING PANDIA, .FEMINTIYANI BR SEMBIRING PANDIA S.Pd (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM TEMA 8 SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (592kB)
[img] Text
5. BAB III- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (201kB)
[img] Text
7. Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu kurang maksimal hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada materi Usaha Pelestarian lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing di kelas V SD Negeri 040544 Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040544 Dolat Rayat yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Usaha Pelestarian Lingkungan dengan menggunakan model Role Playing. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu 76% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 82, dengan ketuntasan individu yang tuntas belajarnya yaitu 25 siswa dan yang tidak tuntas hasil belajarnya yaitu 3 siswa sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 89,3% dan nilai rata rata siswa yaitu 80. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dan hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model Role Playing pada mata pelajaran IPS pada materi Usaha Pelestarian Lingkungan di kelas V SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, Model Role Playing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Role Playing Model
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Femintiyani Br Sembiring Pandia
Date Deposited: 29 Jul 2022 09:25
Last Modified: 29 Jul 2022 09:25
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item