MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TEMA 5 SUBTEMA 1 PENGENALAN NEGARA ASEAN KELAS VI DI SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

THESIA FEBRINA BR PURBA, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER TEMA 5 SUBTEMA 1 PENGENALAN NEGARA ASEAN KELAS VI DI SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (799kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (613kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (921kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (97kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Thesia Febrina br Purba, NPM : 1715010074 : “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbered Head Together Tema 5 Subtema 1 Pengenalan Negara Asean Kelas VI di SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together tema 5 subtema 1. Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together tema 5 subtema 1 Pengenalan Negara Asean kelas VI di SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040471 Kampung Merdeka. Subjek penelitan ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 040471 Kampung Merdeka yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together tema 5 subtema 1 Pengenalan Negara Asean kelas VI di Sd Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian diperoleh deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkreteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 82%, sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 90, serta yang tuntas secara individual 23, secara klasikal 85%, dan rata-rata 83. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran numbered head togrther dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 5 subtema I pengenalan negara asean kelas VI di SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning, Learning Outcomes, Numbered Head Together Model.
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary School
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Thesia Febrina Purba
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:12
Last Modified: 08 Mar 2022 03:12
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item