MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 AKTIF BERGERAK POKOK BAHASAN GAYA KELAS III SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

JULIANA SYAHFITRI, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 AKTIF BERGERAK POKOK BAHASAN GAYA KELAS III SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (272kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (551kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

JULIANA SYAHFITRI, NPM. 1715010033, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Aktif Bergerak Pokok bahasan Gaya Kelas III SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SD Negeri 044824 Rumah Kabajahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada penggunakan metode pembelajaran demonstrasi pokok bahasan gaya dan untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan model pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran ipa tema 3 aktif bergerak pokok bahasan gaya kelas III SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian diproleh data siklus I, hasil analisis obsevasi aktivitas guru memperoleh nilai 60% kategori cukup dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 68 kategori cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 15 siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak 7 orang dari 22 siswa, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 68,18% dan nilai rata-rata siklus I yaitu kategori baik. Sedangkan pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai 75 kategori baik sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 74 kategori baik. Siswa yang tuntas individu sebanyak 19 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 orang, dari 22 orang siswa di SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 86,36% dan nilai rata-rata siklus II yaitu . Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara individu dan secara klasikal. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi telah berkategori baik dan hasil pembelajaran siswa meningkat pada pokok bahasan gaya di kelas III SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Learning Model
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 304 Factors Affecting Social Behaviour
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Juliana . Syahfitri
Date Deposited: 24 Jul 2021 04:37
Last Modified: 24 Jul 2021 04:37
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item