MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 040461 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Br Pelawi, Ningrum (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 040461 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (593kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
Lampiran (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran IPA. Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model CTL. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040461 Berastagi, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 29 orang siswa. Sedangkan objek penelitian adalah model Contextual Teaching And Learning terhadap peningkatan hasil belajar pada Tema 5 Subtema 2 Kelas III SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Bedasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan model Contextual Teaching And Learning pada materi Perubahan Cuaca di kelas III berjalan dengan baik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 69% dari 29 orang siswa terdapat 20 siswa yang memperoleh nilai ≥70 atau tuntas belajar dan 9 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83 dari 29 orang siswa, terdapat 26 siswa yang memperoleh ≥70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar pada Tema 5 Subtema 2 Kelas III SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Contextual Teaching And Learning Models
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Ningrum - Br Pelawi
Date Deposited: 22 Jun 2024 02:21
Last Modified: 22 Jun 2024 02:21
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item