PENTINGNYA PENERAPAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP FOKUS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA SD NEEGERI 030438 TANAH PINEM TAHUN AJARAN2023/2024

BR GINTING, SARA MONICA (2024) PENTINGNYA PENERAPAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP FOKUS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA SD NEEGERI 030438 TANAH PINEM TAHUN AJARAN2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
kata pengantar dll_merged_watermark.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I SARA.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II SARA.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB III-BAB V SARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SARA.pdf

Download (385kB)
[img] Text
LAMPIRAN SARA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sara Monica Br Ginting. Npm: 2015010116. “Pentingnya Penerapan Psikologi Pendidikan Terhadap Fokus Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Sd Negeri 030438 Tanah Pinem Tahun Ajaran 2023/2024”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dassar,Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Psikologi pendidikan bertujuan untuk dapat mengetahui cara mengajar yang baik dan berhasil kondisi para peserta didik, maupun kondisi yangdipegaruhi lingkungan sosial di sekitar peserta didik. Memahami tingkah laku manusia untuk kepentingan mendidik atau membina perkembangan kepribadian peserta didik. Semua yang berhubungan dengan proses pendidikan dipelajari secara mendalam pada psikologi pendidikan. Dengan penerapannya psikologi pendidikan terhadap bimbingan kepada peserta didik suasana belajar di kelas menjadi lebih nyaman. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berlangsungnya penerapan psikologi pendidikan terhadap peserta didik kelas IV SD Negeri 030438 Tanah Pinem dan kesulitan yang dihadapi ketika peserta didik tidak bisa fokus terhadap pembelajaran. Dari beberapa pernyataan yang dilakukan peneliti, bahwa fokus belajar siswa di kelas IV SD Negeri 030438 Tanah Pinem sangat berpengaruh danterbukti dari pernyataan nomor 9 “saya dapat berkonsentrasi saat keadaan kelas tenang” dengan persentase 80. Hal yang akan terjadi apabila siswa tidak dapat fokus terhadap pembelajaran yaitu siswaakan cepat merasabosan, makatimbulah kericuhan didalam kelas. Siswa akan melakukan kegiatan masing-masing tanpa menghiraukan guru yang sedan menjelaskan materi pembelajaran. Fokus ketika belajar adalah salah satu cara agar siswa lebih mudah menerima dan menangkap pembelajaran yang diberikanoleh guru, sehingga kemampuan berpikir dan pengetahuan siswa akan meningkat. Guru akan melakukan berbagai hal untuk mengatasi siswa yang kurang fokus dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Educational psychology, Learning Focus, Class IV
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Sara Monica Br Ginting
Date Deposited: 20 Jun 2024 10:09
Last Modified: 20 Jun 2024 10:09
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item