Aslina Ginting, . (2021) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPA TEMA 5 EKOSISTEM POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN MANUSIA KELAS V SDNEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (887kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (635kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (99kB) |
![]() |
Text
L A M P I R A N.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Aslina Ginting, NPM 1715010006, “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing untuk Menimgkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Ekosistem Pokok Bahasan Sumber Daya Alam dan Kegiatan Manusia Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021” , Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitsa Quality Berastagi 2020. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA di SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing untuk Menimgkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Tema 5 Ekosistem Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan desain Tindakan Penelitian Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sd Negeri 044824 Rumah Kabanjahe yang berjumlah 12 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sumber daya alam dan kegiatan manusia dengan menerapkan model Snowball Throwing. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi untuk guru, lembar observasi untuk siswa dan tes. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran, dimana hasil pelaksanaan untuk aktivitas guru meningkat menjadi 79,5% (Kriteria Baik), hasil aktivitas siswa 89 (Baik). Dan hasil belajar siswa yang tuntas 11 siswa (91,67%) dari 12 siswa dan yang tidak tuntas 1 siswa (8.33%) dari 12 siswa, dan mencapai nilai rata-rata 85. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hal tersebut, sebaiknya model Snowball Throwing digunakan guru sebagai alternative guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, maupun pada mata pelajaran lainya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Model, Learning Outcomes |
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Aslina . Ginting |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 08:09 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 08:09 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |