MORETA, SISKA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISWA BERBASIS BUDAYA LOKAL KABUPATEN KARO TEMA KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT KELAS IV SD NEGERI 040459 BERASTAGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
File 1 - Sampul.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (824kB) |
![]() |
Text
File 2 - Abstrak.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
File 3 - Bab I.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
File 4 - Bab II.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
File 5 - Bab III - V.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) |
![]() |
Text
File 6 - Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (200kB) |
![]() |
Text
File 7 - Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Siska Moreta, NPM. 2015010039. “ Pengembangan Bahan Ajar Siswa Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Karo Tema Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Kelas IV SD Negeri 040459 Berastagi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Quality Berastagi.” Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar Siswa Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Karo Tema Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat Kelas IV SD Negeri 040459 Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Analisis kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Siswa Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Karo Tema Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat Kelas IV SD Negeri 040459 Berastagi. (2) Bagaimana desain Pengembangan Bahan Ajar Siswa Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Karo Tema Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat Kelas IV SD Negeri 040459 Berastagi. (3) Validitas Pengembangan Bahan Ajar Siswa Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Karo Tema Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Setempat Kelas IV SD Negeri 040459 Berastagi. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) yang berupa bahan ajar IPS yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan pengembangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, penilaian ahli dan dokumentasi. Kelayakan bahan ajar yang dilakukan melalui penilaian ahli dan uji efektivitas. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 040459 Berastagi pada kelas IV A yang terdiri dari 29 siswa. Pengembangan bahan ajar IPS yang diberikan kepada ahli mendapatkan hasil penilaian berdasarkan rumus aiken’s v yang dipergunakan untuk mengukur kevalidan bahan ajar materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya setempat terintegrasi adat istiadat suku Karo. Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli materi mencangkup kriteria “sangat layak” dengan persentase yang diperoleh 97% (sangat layak) hasil validasi pada ahli desain diperoleh 97% (sangat layak) dan hasil validasi dari ahli bahasa sebesar 97% (sangat layak). Kata Kunci: Bahan Ajar, Budaya, Keanekaragaman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teachring Materials, Culture, Diversity |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Siska - Moreta |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 05:07 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 05:07 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |