MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL MIND MAPPING KELAS IV SD NEGERI LAU SIMOMO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MONICA BR GINTING, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL MIND MAPPING KELAS IV SD NEGERI LAU SIMOMO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (541kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (916kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (684kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

MONICA BR GINTING, NPM : 1715010093 : “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Mind Mapping Kelas IV SD Negeri Lau Simomo Tahun Pelajaran 2020/2021” Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Model Mind Mapping pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui Model Mind Mapping pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peta dan komponennya di kelas IV SD Negeri Lau Simomo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040466 Lau Simomo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lau Simomo yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengunaan Model Mind Mapping pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peta dan komponennya di kelas IV SD Negeri Lau Simomo Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengumpulan dara yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang diguanakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata – rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, siklus I aktivitas observasi guru dan siswa berkreteria cukup karena deskripsi kegiatan guru mencapai 60% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 68, serta yang tuntas secara individu 20 orang secara klasikal 71%, dan rata – rata 68,57. Sedangkan hasil akhir dari penelitian siklus II aktivitas observasi guru dan siswa berkreteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 79,9% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 88, serta yang tuntas secara individu 30 orang secara klasikal 86%, dan rata – rata 87,85. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan Model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa dalam pokok bahasan peta dan komponennya di kelas IV SD Negeri Lau Simomo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Mind Mapping Model
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 303 Social Process
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Monica Br Ginting
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:06
Last Modified: 19 Jul 2021 08:06
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/127

Actions (login required)

View Item View Item