MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 043934 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SERI KATANA SINUKABAN, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 043934 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (585kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (780kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

SERI KATANA SINUKABAN. NPM: 1715010012. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Word Square Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 043934 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Word Square . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 043934 Kabanjahe, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Model Word Square terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Organ Pernapasan Hewan kelas V SD Negeri 043934 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Word Square .pada Materi Organ Pernapasan Hewan di Kelas V berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 58% dari 24 orang siswa terdapat 14 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 10 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77 dari 24 terdapat 21 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Word Square dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPA Materi Organ Pernapasan Hewan di Kelas V SD Negeri 043934 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Word Square Model, Science Subjects
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Seri Katanta Sinukaban
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:04
Last Modified: 19 Jul 2021 08:04
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item