MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 043934 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RISCA MENTARI BR KABAN, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 043934 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (343kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (790kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

RISCA MENTARI BR KABAN. NPM: 1715010013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Jigsaw pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 043934 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Jigsaw . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 043934 Kabanjahe, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Model Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Jenis-Jenis Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya kelas IV SD Negeri 043934 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Jigsaw. Pada Materi Jenis-Jenis Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya kelas IV berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,4 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 65% dari 26 orang siswa terdapat 17 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 16 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,1 dari 26 terdapat 23 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Jigsaw dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPA Materi Jenis-Jenis Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya kelas IV SD Negeri 043934 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Model, Science Subjects
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Risca Mentari Br Kaban
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:03
Last Modified: 19 Jul 2021 08:03
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item