PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 040470 LINGGAJULU T.P 2023/2024

Sitepu, Imelda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 040470 LINGGAJULU T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (590kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (703kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Imelda Br Sitepu. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 040470 Linggajulu T.P 2023/2024. Skripsi. Program Studi PGSD, Fakultas. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa menggunakan model problem solving materi keseimbangan ekosistem dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh menggunakan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa materi keseimbangan ekosistem kelas V SD Negeri 040470 Linggajulu T.P 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain experiment. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengggunakan metode quasi eksperiment. Metode eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari perlakuan tertentu. Alasan menggunakan desain penilaian pretest dan posttest control Grup desain ini karena dalam desain ini kelompok eksperimen dan kelompok control tidak dipilih secara random. Dalam desin ini kelompok eksperimen dan kelompok control dibandingkan dan ditempatkan tanpa melalui random. Teknik validitas data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji himogenitas. Hasil hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving erhadap hasil belajar IPS siswa pada materi kesimbangan ekosistem kemampuan hasil belajar Posttest pada siswa kelas eksperimen dengan rata-rata hasil belajar yaitu 73,47 dan kelas kontrol 63,18, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Solving berpengaruh positif terhadap hasil belajar pkn siswa pada materi hak dan kewajiban warga masyarakat kelas V SDN 040470 Linggajulu. Dibandingkan dengan dengan metode konvensional. Dapat dilihat dari hasil belajar hipotesis menggunakan uji paired sample t Tets didapatkan nilai sig 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar pkn siswa pada materi Keseimbangan Ekosistem kelas V SDN 040470 Linggajulu. Kata Kunci: Model Problem Solving, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Solving Model, Learning Results
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Imelda - Br Sitepu
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:56
Last Modified: 20 Jun 2024 08:56
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item