PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IVSD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ARIS PRIMUS SIMARMATA, . (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IVSD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (342kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (525kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (737kB)
[img] Text
DAFTAR PUSRAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

ARIS PRIMUS SIMARMATA. NPM: 1715010036. “Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Ipa Dalam Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Negeri 044824 Rumah kabanjahe tahun pelajaran 2020/2021”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 10 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Model Snowball Throwing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam kalas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Model Snowball Throwing. pada Materi Sumber Daya Alam kalas IV berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 61 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 60% dari 10 orang siswa terdapat 6 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 4 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81 dari 10 Siswa, terdapat 9 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 1 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Model Snowbaal Throwing dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar IPA Materi Sumber Daya Alam di Kelas IV SD Negeri 044824 Rumah kaban Jahe Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome, Snowball Throwing Model, Science Subjects
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Aris Primus Simarmata
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:00
Last Modified: 19 Jul 2021 08:00
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item