PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SDN 040455 BERASTAGI T.A 2023/2024

MANURUNG, "SEPTI".SEPTI KRISTIANI BR MANURUNG (2024) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PUZZLE PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SDN 040455 BERASTAGI T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
sampul2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (587kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (452kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (430kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (545kB)
[img] Text
bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (423kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Septi Kristiani Br Manurung, NPM: 2015010108. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Di Kelas IV SDN 040455 Berastagi”. Berdasarkan hasil Observasi kelas IV SDN 040455 Berastagi, Menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan metode Pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik terhadap Pembelajaran matematika dan menganggap pembelajaran matematika Pelajaran yang sulit .Peserta didik sulit menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif dalam Proses pembelajaran dikelas,kurangnya keinginan peserta didik untuk menggali ilmu Pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini Adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil Belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas IV SDN 040455 Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian Desain penelitian Nonequivalent Control Group Design.tepatnya digunakan dalam penelitian eksperimen in. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 040455 Berastagir. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan Model pembelajaran menggunakan alat peraga, kelas IV B sebagai kelas kontrol Dengan menggunakan pembelajaran konvesional. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan Spss. Berdasarkan perhitungan, diketahui besar nilai Sig pada tabel diatas Sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar matematika siswa Yang diajarkan menggunakan alat peraga puzzle pecahan lebih tinggi dibandingkan Dengan hasil belajar matematika tanpa menggunkaan alat peraga puzzle pecahan. Maka Hₐ diterima dan Hₒ ditolak Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran matematika dengan Menggunakan alat peraga puzzle pecahan. Kata Kunci: Alat Peraga, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teaching aids, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Septi Kritsiani Br Manurung
Date Deposited: 18 Jun 2024 06:59
Last Modified: 18 Jun 2024 06:59
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item