ASTRI LOVIANIKA BR GINTING, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPUTA (PAPAN PUISI KATA) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA 6 SUB TEMA 2 MENULIS PUISI PADA KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (732kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (416kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
ASTRI LOVIANIKA BR GINTING. NPM: 2015010066. “Pengembangan Media Pembelajaran Paputa (Papan Puisi Kata) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 6 Subtema 2 Menulis Puisi Pada Kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation pada pengembangan Media Pembelajaran Paputa (Papan Puisi Kata) Tema 6 Subtema 2 Menulis Puisi di kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi saat pembelajaran dikelas yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran, pembelajaran berpusat pada guru (teacher center), sehingga membuat pembelajaran menjadi monoton dan membuat siswa merasa bosan dan sulit untuk memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Paputa (Papan Puisi Kata) di kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Materi Menulis Puisi guna mengetahui cara mengembangkan media Paputa, diuji kelayakan dan kepraktisannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Paputa telah memenuhi kriteria yaitu kelayakan dan kepraktisannya. Hal ini dilihat dari hasil (1) validasi ahli media sebesar 96% dan validasi ahli materi memperoleh hasil 98%. Berdasarkan persentase maka media pembelajaran Paputa dinyatakan sangat layak digunakan. (2) Hasil uji coba produk media pembelajaran Paputa oleh siswa mendapat respon positif 32 dari 35 siswa dengan peroleh skor keseluruhan 90%. Berdasarkan hasil dari persentase lembar instrument respon siswa maka dapat disimpulkan bahwa media Paputa Sangat Layak dan Praktis untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Word Poetry Board, Writing Poetry |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Astri Lovianika Br Ginting |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 08:27 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 08:27 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |