PENGARUH INTENSITAS MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJRAN IPS KELAS IV SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2023/2024

Bakti, Ksatria Pramudya Panca (2024) PENGARUH INTENSITAS MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJRAN IPS KELAS IV SD NEGERI 040457 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (393kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (411kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Ksatria Pramudya Panca Bakti, NPM: 2015010109. Pengaruh Intensitas Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS SD Negeri 040457 Berastagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada pembelajaran konvensioanal dan pada pembelajaran menggunakan media sosial (TikTok) siswa kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi T.P 2023/2024. (2) Untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh intensitas media sosial (Tiktok) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Negeri 040457 Berastagi T.P 2023/202. Metode peneltian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian two group. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu, kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berjumlah 48 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisi data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil kemampuan berhitung perkalian dan pembagia siswa pada kelas konvensional dengan rata-rata 51,83 dan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa dengan menggunakan media sosial tiktok adalah dengan rata-rata 61,75. Hal ini membuktikan media sosial tiktok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi. Kata Kunci : Media Sosial Tiktok, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tiktok Social Media, Learning Results
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Ksatria Pramudya Panca Bakti
Date Deposited: 15 Jun 2024 05:13
Last Modified: 15 Jun 2024 05:13
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item