Manjorang, Ida Novita (2024) PENGARUH METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 040446 KABANJAHE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
Sampul.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (716kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Ida Novita Br Manjorang, NPM :2015010072.Pengaruh Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 040446 Kabanjahe Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SD Negeri 040446 Kabanjahe dengan menggunakan metode diskusi .Dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang di mana menggunakan dua kelas yaitu IV A sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen Pembelajaran di kelas seringkali membuat siswa merasa bosan karena guru hanya mengajar dalam satu arah oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran agar proses pembelajaran di kelas dapat berhasil dan seringkali terjadi karena saat guru mengajar dengan satu arah tidak heran juga jika siswa sering merasa ngantuk ketika guru menjelaskan siswa kebanyakan ngantuk dan terkadang lebih sering bicara sendiri kepada temannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan metode diskusi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 040446 Kabanjahe Yang dimana juga peneliti menggunakan Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen untuk membuktikan seberapa jauh pengaruh metode diskusi ini dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 orang dan kelas IV B sebagai kelas ekperimen yang di mana jumlah siswanya 26 orang Untuk memperoleh data tentang prestasi belajar peserta didik dengan mengambil dua macam data yaitu data pretes dan data postes. Dalam penelitian ini ada dua langkah analisis yang dilakukan yaitu data soal tes dengan melakukan uji persyaratan (uji homogenitas dan uji normalitas) dan uji t. Menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan metode diskusi berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 040446 Kabanjahe. Kata Kunci:Metode Diskusi,Hasil Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discussion Method, Science Learning Outcomes |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Ida Novita Br Manjorang |
Date Deposited: | 15 Jun 2024 05:17 |
Last Modified: | 15 Jun 2024 05:17 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |