ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 040455 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Dedek Uli Yanti Br Silalahi, . (2024) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 040455 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (540kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (494kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (985kB)

Abstract

Dedek Uli Yanti Br Silalahi, 2015010077. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca dan Menulis Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 040455 Berastagi Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca dan menulis permulaan di kelas II SD Negeri 040455 Berastagi.Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam membaca dan menulis permulaan serta solusi untuk mengatasi kesulitan siswa dalam membaca dan menulis permulaan di kelas II SD Negeri 040455 Berastagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes langsung, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi untuk mengamati kemampuan siswa dalam membaca dan menulis permulaan, kendala siswa dalam membaca dan menulis permulaan serta solusi untuk mengatasi siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca dan menulis permulaan di kelas II SD Negeri 040455 Berastagi. Adapun wawancara yang peneliti lakukan yaitu dengan guru wali kelas II dan siswa kelas II. Dokumentasi dalam hal ini peneliti mendapatkan berupa data hasil belajar siswa dan foto kegiatan peneliti saat terjun ke lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 0404455 Berastagi sudah cukup bagus, akan tetapi dari 27 siswa kelas II SD Negeri 040455 Berastagi masih terdapat beberapa orang siswa yang mengalami kesulitan baik dalam membaca maupun menulis. Kesulitan yang kerap kali muncul pada siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca permulaan seperti kasus yang terjadi di kelas II SD Negeri 040455 Berastagi adalah sebagai berikut, 1) Lambat dalam membaca, 2) Intonasi suara tidak teratur dan tidak jelas, 3) Ketika membaca, siswa sering menggunakan alat tunjuk (jari), 4) Siswa kesulitan membaca huruf konsonan, 5) Siswa masih belum bisa mengeja, dan 6) Huruf atau kata seringkali tertukar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student abilities, reading and writing, Indonesian language learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Dedek Uli Yanti Br Silalahi
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:00
Last Modified: 19 Jun 2024 08:00
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item