ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN AJARAN 2023/2024

Elma Irenita Br Bukit, . (2024) ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (693kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (487kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (520kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (880kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (428kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Elma Irenita Br Bukit, NPM. 2015010101 Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Quality: “Analisis Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Dengan Menggunakan Media Teka-teki Silang Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 040538 Sampun Tahun Ajaran 2023/2024”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, mengetahui kemampuan literasi siswa, dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi siswa dengan menggunakan Media Teka-Teki Silang (TTS) pada mata pelajaran IPA materi Wujud Zat dan Perubahannya di kelas IV SD Negeri 040538 Sampun tahun Ajaran 2023/2024. Lokasi penelitian ini adalah di kelas IV SD Negeri 040538 Sampun yang berjumlah 29 orang siswa, dan sebagai objek penelitian ini adalah menggunakan Media Teka-Teki Silang pada mata pelajaran IPA dengan materi Wujud Zat dan Perubahannya. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian survei dengan metode penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes pre-test dan post-test, angket dan wawancara. Dari hasil penelitian tes pre-test atau sebelum menggunakan Media Teka-Teki Silang diperoleh bahwa, hasil pelaksanaan pembelajaran siswa dengan nilai rata-rata siswa 40,34. Berdasarkan tes post-test atau setelah menggunakan Media Teka-Teki Silang diperoleh bahwa hasil pelaksanaan pembelajaran siswa dengan nilai rata-rata siswa 89,65. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan literasi siswa setelah menggunakan media Teka-Teki Silang berada di kategori sangat baik, serta kemampuan literasi siswa meningkat setelah menggunakan Media Teka-Teki Silang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Literacy Ability, Crossword Puzzle Media and Learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Elma Irenita Br Bukit
Date Deposited: 20 Jun 2024 09:04
Last Modified: 20 Jun 2024 09:04
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1154

Actions (login required)

View Item View Item