PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MATERI PETA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024

andre pranata pandia, andre pranata pandia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MATERI PETA PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 040443 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
ilovepdf_merged (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK pdf.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II skripsi.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB III IV V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (91kB)
[img] Text
ilovepdf_merged (2).pdf

Download (787kB)

Abstract

ABSTRAK Andre Pranata Pandia. NPM : 2015010095. “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Materi Peta Pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan media pembelajaran puzzle yang memuat gambar sebuah peta berbentuk gambar, peserta didik dipermudah dalam penggunaan media pembelajaran puzzle karena media tersebut sudah dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami peta dengan menggunakan media pembelajaran puzzle agar lebih menarik dan efektif. Model pengembangan ini model yang dilakukan mengacu pada model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh ADDIE Dick and Carry. Peneliti mengacu pada model Borg and gall. Proses studi didasarkan pada pendekatan pengembangan ADDIE Dick and Carry, yang memiliki lima tahap: analisi, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengembangan media pembelajaran puzzle materi peta pada Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 040443 Kabanjahe setelah melakukan beberapa tahapan model ADDIE yang mulai dari tahap menganalisis hingga tahap evaluasi. Media yang dihasilkan berupa media puzzle yang berupa gambar, dan warna yang menghasilkan suatu Pelajaran tentang pulau-pulau yang ada di Indonesia berbasis penyusunan seperti puzzle. Pengembangan produk dilakukan dengan merancang produk yang diawali dengan menganalisis, lalu membuat desain. Desain yang diawali dengan pemilihan materi dann membuat sketsa media. 2) Media yang dibuat tergolong baik dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran materi peta pada pelajara IPS kelas IV SD yang menghasilkan nilai uji coba tahap dari validator materi dan validator media dengan kategori layak untuk digunakan. 3) Pengembangan media pembelajaran puzzle dengan peyusunan kembali memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pencapaian hasil belajar materi peta pada Pelajaran IPS proses hasil dari wawancara terhadap pendidik dan peserta didiklayak digunakan layak digunakan dalam proses pembelajaran Kata kunci : Pengembangan, Media Puzzle, IPS ABSTRACT Andre Pranata Pandia. NPM: 2015010095. "Development of Puzzle Learning Media with Map Material in Class IV Social Sciences Lessons at State Elementary School 040443 Kabanjahe for the 2023/2024 Academic Year." Bachelor of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education. Berastagi Quality University. This research aims to find out how to make puzzle learning media that contains an image of a map in the form of a picture. It is easier for students to use puzzle learning media because the media is equipped with instructions for use and improve students' understanding of maps by using puzzle learning media to make it more interesting and effective. . This development model refers to the research and development model proposed by ADDIE Dick and Carry. Researchers refer to the Borg and gall model. The study process is based on Dick and Carry's ADDIE development approach, which has five stages: analysis, design, development, implementation, evaluation. The results of this research show that 1) Development of map material puzzle learning media in Class IV Social Sciences Lessons at State Elementary School 040443 Kabanjahe after carrying out several stages of the ADDIE model starting from the analysis stage to the evaluation stage. The resulting media is puzzle media in the form of images and colors which produces a lesson about the islands in Indonesia based on puzzle-like arrangement. Product development is carried out by designing the product which begins with analysis, then creating a design. Design begins with selecting materials and making media sketches. 2) The media created is classified as good and easy to use in the process of learning map material in social studies class IV elementary school which produces stage trial scores from the material validator and media validator in the category suitable for use. 3) The development of puzzle learning media with rearrangement has quite a big influence on achieving learning outcomes for map material in social studies lessons, the process of results from interviews with educators and students is suitable for use in the learning process Keywords: Development, Puzzle Media, Social Sciences

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes using science subjects demonstrations
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Andre Pranata Pandia
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:49
Last Modified: 12 Jun 2024 07:49
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item