PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PKN KELAS III DI SD NEGERI 047164 SEBERAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

Kelaranta, Depari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PKN KELAS III DI SD NEGERI 047164 SEBERAYA TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITYBERASTAGI.

[img] Text
1.SAMPUL KELARA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (588kB)
[img] Text
2.ABSTRAK KELARA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (317kB)
[img] Text
3. BAB 1 KELARA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (364kB)
[img] Text
4. BAB II KELARA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
5. BAB III-BAB V KELARA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (679kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA KELARA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN KELARA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (445kB)

Abstract

Nama: Klaranta Br Depari, Oktober, 2022, pengaruh model pembelajaran tipe picture and picture terhadap motivasi belajar dalam mata pelajaran PKN kelas 3 di SD Negeri 047164 Seberaya, program studi pendidikan guru sekolah dasar, pembimbing 1 : Dra. Elisa, M.Pd, pembimbing 2 : Dra. Zainap, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa antara siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran tipepicture and picture pada kelas III SD Negeri 047164 Seberaya. Dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture. Model picture and picture mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Rendahnya minat siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan dapat mengakibatkan proses pembelajaran yang kurang optimal, sehingga materi yang disampaikan tidak tuntas. Untuk mencegah terjadinya hal itu seorang guru harus memiliki ide-ide yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan melakukan pendekatan dan menggunakan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dicapai apabila guru memperhatikan beberapa aspek, baik internal maupun eksternal. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok berjumlah 15 orang sebagai kelompok eksperimen dan 10 sebagai kelompok control. Variable penelitian ini terdiri dari variable X yaitu molen pembelajaran tipe picture and picture denganmotivasi belajar sebagai variable Y. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Motivasi belajar dalam mata pelajaran PKN siswa kelas III yang diajarkan dengan menggunakan model pelajaran tipe picture and picture lebih baik dari pada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture di SD Negeri 047164 Seberaya. Dapat dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji “ t “ terhadap dua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 2,012 sedangkan ttabel = 1,685954 dengan df taraf signifikan 5%. Demikian thitung> ttabel (2,012 > 1,685954) yang berarti hipotesis kerja ha dalam penelitian ini diterima yaitu, motivasi belajar dalam matapelajaran PKN dikelas III yang diajarkan dengna menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture lebih baik dari pada tidak menggunakan model pembelajaran tipe picture and picture di SD Negeri 047164 Seberaya. Di buktikan dengan nilai rata-rata hasil motivasi belajar dalam mata pelajaran PKN posttest kelas IIIa (15 orang) lebih tinggi dibandingkan kelas IIIb, yaitu posttest 87,5% > posttest 58,5%. Dengan demikian peneliti dapat menyarankan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN meningkatkan maka terapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Kata Kunci :pengaruh, model tipe picture and picture, motivasi dan pelajaran PKN

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: influence, picture and picture type models, motivation and PKN lessons
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Kelaranta Br Depari
Date Deposited: 19 Jun 2024 09:24
Last Modified: 19 Jun 2024 09:24
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item