PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD TAHFIZH QUR’AN KARIMAH BERASTAGI T.A 2024

AGHES ANASTASYA PURBA, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SD TAHFIZH QUR’AN KARIMAH BERASTAGI T.A 2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (389kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (521kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

AGHES ANASTASYA PURBA, NPM: 2015010082. “Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Di Kelas V SD Tahfizh Qur’an Karimah Berastagi”. Minat belajar siswa yang tinggi cenderung akan membuat siswa belajar secara bersungguh-sungguh untuk hasil belajar yang maksimal. Minat belajar siswa yang rendah disebabkan karena siswa bersifat pasif dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan model dan media tanpa variasi sehingga timbul kebosanan pada diri siswa, siswa tidak bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, belum maksimalnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS karena rendahnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan media pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi bersifat monoton mengakibatkan siswa kurang minat untuk belajar. Penelitian di SD Tahfizh Qur’an Karimah Berastagi dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan Penggunaan Media Scrapbook Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Materi Ekosistem Di Kelas V SD Tahfizh Qur’an Karimah Berastagi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang berjumlah 59 siswa yang terdiri dari kelas V-A sebanyak 30 siswa dan V-B sebanyak 29 siswa. Test yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test berbentuk pilihan ganda. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji independen antara dua faktor atau uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen antara dua faktor untuk data Kelas V-A yang diajar tanpa menggunakan media Scrapbook mendapat rata-rata nilai 78,67 dan Kelas V-B yang diajar dengan menggunakan media Scrapbook mendapat rata-rata 81,03. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan Media Scrapbook Berpengaruh Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Materi Ekosistem Di Kelas V SD Tahfizh Qur’an Karimah Berastagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Scrapbook Media, Interest in Learning Science
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Aghes Anastasya Purba
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:20
Last Modified: 21 Jun 2024 03:20
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item