PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V PADA SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT

SOFIA ANGGELA BR GINTING, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V PADA SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul sofia.pdf

Download (484kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (688kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

SOFIA ANGGELA BR GINTING, NPM: 2015010118. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V Pada SD Negeri 040544 Dolat Rayat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dan hubungan yang signifikan dalam penggunan media pembelajaran visual terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam konteks pendidikan saat ini, minat belajar siswa cukup rendah, sebagian besar disebabkan oleh metode pengajaran yang masih berkonsentrasi pada buku teks dan metode ceramah. Penelitian ini mengambil latar belakang dari kebutuhan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui media pembelajaran visual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional (design correlational). Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 040544 Dolat Rayat yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi, dimana angket disebarkan sebanyak dua kali, yang pertama sebelum terlaksananya pembelajaran dan yang kedua setelah terlaksananya pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap meningkatkan minat belajar siswa. Ini didukung oleh hasil uji hipotesis setelah terlaksananya pembelajaran Dari hasil pengujian hipotesis dimana nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Untuk nilai t hitung 46,730 > t tabel 0,052. Maka kesimpula yang diambil dan sesuai dengan uji hipotesis, jika uji t 0,000 < 0,05 maka H0 ditolah dan Ha diterima. Dari nilai signifikansi dan nilai hitung t maka dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima artinya, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran visual terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran visual dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Visual Learning Media, Interest in Learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Sofia Anggela Br Ginting
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:59
Last Modified: 05 Jun 2024 02:59
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item