PENGARUH PELAKSAN AAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 044839 BULANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024

TRE DESMING BR SITEPU, . (2024) PENGARUH PELAKSAN AAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 044839 BULANJAHE TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (780kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (572kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (612kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (721kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (465kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

TRE DESMING BR SITEPU. NPM : 2015010114. “Pengaruh Pelaksanaan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 044839 Bulanjahe 2023/2024”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 044839 Bulanjahe. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IVA, sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang, dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD Negeri 044839 Bulanjahe , menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) adalah 85.91, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 78.64. Taraf t table dengan jumlah responden 22 = 2.074. Sehingga dapat dilihat dari t table yang dihasilkan pada uji t tersebut dinyatakan bahwa 2.074 < 11.330. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 044839 Bulanjahe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team GameS Tournament (TGT) Learning Model, Student Learning Results
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Tre Desming Br Sitepu
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:49
Last Modified: 04 Jun 2024 03:49
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item