PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN DI SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT

Yosi Mesinta Br Ginting, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN DI SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (692kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (300kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (710kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (498kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

YOSI MESINTA BR GINTING, NPM: 2015010102. “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat.” Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan melalui dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Pembelajaran yang pasif cenderung mengarahkan siswa hanya untuk menerima informasi dari guru tanpa melibatkan peran siswa secara aktif. Sehingga dapat mengurangi efektivitas pembelajaran dan menyebabkan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan melibatkan pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa yang terdiri dari kelas IVA sebanyak 20 siswa dan kelas IVB sebanyak 16 siswa. Test yang digunakan dalam penelitian in yaitu test berbentuk soal uraian. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika materi pecahan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen Pre-test sebesar 52.75% dan setelah belajar menggunakan model pembelajaran Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) nilai siswa menjadi meningkat dalam hasil menjawab soal Post-test menjadi 86%. Sedangkan dalam kelas kontrol saat melakukan uji tes Pre-test hasil persentase yang didapat siswa sebesar 62.18% dan setelah diadakanya pembelajaran konvensional maka nilai siswa meningkat saat menjawab soal Post-test menjadi 76.93%. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol. nilai signifikansi (2-tailed) pre-test 0,000<0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, Ha= terdapat pengaruh Model Pembelajaran Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematic Project (MMP) Learning Model, Fraction Learning Outcomes, Mathematics
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Yosi Mesinta Br Ginting
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:48
Last Modified: 04 Jun 2024 03:48
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1110

Actions (login required)

View Item View Item