Desty Jayanti Br Ginting, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PECAHAN KELAS III SD NEGERI 040459 BERASTAGI T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (563kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (595kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (770kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (202kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
DESTY JAYANTI BR GINTING, NPM: 2015010090. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas III SD Negeri 040459 Berastagi.” Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan melalui dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Materi Pecahan Kelas III SD Negeri 040459 Berastagi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan melibatkan pre-test dan post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah 58 siswa yang terdiri dari kelas III-A sebanyak 29 siswa dan kelas III-B sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika materi pecahan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen Pre-test sebesar 53,10% dan setelah belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) nilai siswa menjadi meningkat dalam hasil menjawab soal Post-test menjadi 87,86%. Sedangkan dalam kelas kontrol saat melakukan uji tes Pre-test hasil persentase yang didapat siswa sebesar 59,83% dan setelah diadakanya pembelajaran konvensional maka nilai siswa meningkat saat menjawab soal Post-test menjadi 78,52%. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul dari kelas kontrol. nilai signifikansi (2-tailed) post-test 0,000<0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, Ha= terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Materi Pecahan Kelas III SD Negeri 040459 Berastagi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning Model, Fraction Learning Results, Mathematics |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Desty Jayanti Br Ginting |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:48 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:48 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |