PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 SUB TEMA 1 DI SD KELAS 5 SD NEGERI 040443 KABANJAHE

Ajay Deol Pairo Ginting, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 SUB TEMA 1 DI SD KELAS 5 SD NEGERI 040443 KABANJAHE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL (1).docx

Download (529kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (663kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (779kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini diangkat dari permasalahan yang terjadi di SD Negeri 040443 Kabanjahe dimana pembelajaran yang dilakukan kurang bervariasi dan menarik sehingga siswa merasa cepat bosan dan perhatiannya cepat teralihkan oleh hal lain. Media pembelajaran dapat menjadi alternative dalam pemecahan masalah yang terjadi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yaitu Media diorama siklus air yang menerapkan unsur pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif sehingga dapat menarik miat belajar siswa dam memahami materi siklus air di kelas V di SD Negeri 040443 Kabanjahe. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang dikembangkan oleh Lee and Owen yang terdiri dari Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 040443 Kabanjahe dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari hasil uji coba kelayakan dari validator materi dengan jumlah skor rata-rata persentase 96,6 % dengan kategori sangat layak, sedangkan jumlah validator media dengan jumlah skor rata-rata persentase 95,8 % dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan media sesuai jumlah respon siswa memiliki jumlah rata-rata persentase 81% dengan kategori praktis. Dalam keefektifan media dari hasil observasi guru dengan hasil efektif dipakai dalam proses pembelajaran diorama siklus air ini dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Water Cycle Diorama, Learning Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Ajay Deol Pairo Ginting
Date Deposited: 18 Jun 2024 04:37
Last Modified: 18 Jun 2024 04:37
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item