Ajay Deol Pairo Ginting, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SIKLUS AIR PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 SUB TEMA 1 DI SD KELAS 5 SD NEGERI 040443 KABANJAHE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL (1).docx Download (529kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (663kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (779kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (190kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (334kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini diangkat dari permasalahan yang terjadi di SD Negeri 040443 Kabanjahe dimana pembelajaran yang dilakukan kurang bervariasi dan menarik sehingga siswa merasa cepat bosan dan perhatiannya cepat teralihkan oleh hal lain. Media pembelajaran dapat menjadi alternative dalam pemecahan masalah yang terjadi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yaitu Media diorama siklus air yang menerapkan unsur pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif sehingga dapat menarik miat belajar siswa dam memahami materi siklus air di kelas V di SD Negeri 040443 Kabanjahe. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang dikembangkan oleh Lee and Owen yang terdiri dari Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 040443 Kabanjahe dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari hasil uji coba kelayakan dari validator materi dengan jumlah skor rata-rata persentase 96,6 % dengan kategori sangat layak, sedangkan jumlah validator media dengan jumlah skor rata-rata persentase 95,8 % dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan media sesuai jumlah respon siswa memiliki jumlah rata-rata persentase 81% dengan kategori praktis. Dalam keefektifan media dari hasil observasi guru dengan hasil efektif dipakai dalam proses pembelajaran diorama siklus air ini dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Water Cycle Diorama, Learning Media |
Subjects: | 000 Generalities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Ajay Deol Pairo Ginting |
Date Deposited: | 18 Jun 2024 04:37 |
Last Modified: | 18 Jun 2024 04:37 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |