PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 043934 SIMPANG SINGA T.A 2023/2024

Windaria Br Sembiring, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 043934 SIMPANG SINGA T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (695kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (549kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (726kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (972kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (484kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media diorama dalam pembelajaran IPA materi siklus air, mengetahui bagaimana kelayakan produk media diorama dalam pembelajaran IPA materi siklus air dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi siklus air dengan pengembangan media pembelajaran diorama. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah metode Research And Development (R&D) dimana Metode Research & Development merupakan metode penelitian yang menghasilkan produk (dapat berupa model atau modul atau yang lainnya), dan terdapat efektifitas dari sebuah produk tersebut. Adapun prosedur pengembangan terdiri dari, tahapan pendefenisian (define), tahapan perencanaan (design), tahpan pengembangan (develop) dan tahapan uji coba (disseminate). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 043934 Simpang Singa yang berjumlah 23 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif Kuantitatif. Analisis dimaksudkan untuk menggambarkan karakteristik data pada masing-masing variable. Dengan cara ini diharapkan akan mempermudah memahami data untuk proses analisis selanjutnya. Hasil analisis data digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil validasi ahli materi tahap pertama, dapat diketahui hasil penilaian memperoleh skor 50 dengan rata-rata 3.33. Berdasarkan pedoman konversi dan kuantitatif dan kualitatif produk yang dikembangkan termasuk dalam kriteria cukup. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, mengingat belum semua komponen dapat dicapai secara maksimal 2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi tahap kedua, hasil penilaian ahli materi memperoleh skor 66 dengan rata-rata 4.4, 3) Berdasarkan hasil validasi ahli media tahap pertama, dapat diketahui hasil penilaian tahap pertama memperoleh jumlah skor 74 dengan rata-rata 3.52. berdasarkan pedoman konversi data kuantitatif ke kualitatif, media diorama siklus air masuk dalam kriteria baik, 4) Berdasarkan hasil validasi ahli materi tahap kedua, hasil penilaian tahap kedua memperoleh jumlah skor 95 dengan rata-rata 4.52, 5) Berdasarkan hasil penelitian sebelum menggunakan media diorama pada mata pelajaran IPA materi siklus air kelas V SDN 043934 Simpang Singa T.A 2023/2024 dari 23 siswa yang tuntas hanya 9 siswa atau 39% dan siswa yang tidak tuntas 14 siswa atau 61% dan 6) Berdasarkan hasil penelitian sesudah menggunakan media diorama pada mata pelajaran IPA materi siklus air kelas V SDN 043934 Simpang Singa T.A 2023/2024 dari 23 siswa yang tuntas 20 siswa atau 87% dan siswa yang tidak tuntas 3 siswa atau 13% sesudah menggunakan media diorama pada mata pelajaran IPA materi siklus air kelas V SDN 043934 Simpang T.A 2023/2024 dengan nilai rata-rata 82.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diorama Learning Media, Student Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Windaria - Br Sembiring
Date Deposited: 16 Jun 2024 14:39
Last Modified: 16 Jun 2024 14:39
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item