Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Tema Nilai-Nilai Pancasila Kelas V SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024

Rehlitna Rehulina Br Tarigan, . (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Tema Nilai-Nilai Pancasila Kelas V SD Negeri 040443 Kabanjahe Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (471kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (746kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (716kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (603kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini diangkat dari permasalahan yang terjadi di SD Negeri 040443 Kabanjahe dimana pembelajaran yang dilakukan monoton dan kurang bervariasi sehingga siswa merasa cepat bosan dan perhatiannya cepat teralihkan oleh hal lain. Media pembelajaran dapat menjadi alternative dalam pemecahan masalah yang terjadi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yaitu permainan monopoli yang menerapkan unsur bermain dan belajar menjadi satu pelajaran Nilai-nilai Pancasila kelas V di SD Negeri 040443 Kabanjahe. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE yang dikembangkan oleh Lee and Owen yang terdiri dari Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 040443 Kabanjahe dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari hasil uji coba kelayakan dari validator materi dengan jumlah skor rata-rata persentase 96,6 % dengan kategori sangat layak, sedangkan jumlah validator media dengan jumlah skor rata-rata persentase 95,8 % dengan kategori sangat layak. Hasil uji kepraktisan media sesuai jumlah respon siswa memiliki jumlah rata-rata persentase 81% dengan kategori praktis. Dalam keefektifan media dari hasil observasi guru dengan hasil efektif dipakai dalam proses pembelajaran permainan monopoli ini dapat diterapkan dalam pembelajaran nilai-nilai pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Monopoly Game, Learning Media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Rehlitna Rehulina Br Tarigan
Date Deposited: 27 May 2024 07:09
Last Modified: 27 May 2024 07:09
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item