Pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Kelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi

Jhonetta Sembiring, . (2024) Pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Kelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (552kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (725kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

JHONETTA SEMBIRING. NPM : 2015010055. “Pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Kelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa di kelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi dan pengaruh signifikan model PBL terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi T.P 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi sebanyak 29 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total sehingga sampel pada penelitian berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan tes harian dan juga penilaian sikap siswa selama pembelajaran berlangsung. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis t. Haasil penelitiian ini menunjukkan bahwa gambaran motivasi belajar siswa siswa kelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi dalam kategori sangat tinggi setelah diterapkan model PBL dengan total nilai angket 1672 dengan rata rata 88. Pengaruh model PBL terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi yaitu model PBL sangat berpengaruh dapat dilihat dari hasil tes harian dengan nilai rata rata 90,51 dalam kategori sangat baik. Ada pengaruh yang signifikansi antara model PBL terhadap motivasi belajar siswa dikelas III-A SD Negeri 040459 Berastagi T.P 2023/2024 dengan nilai t 3,008 lebih besar dari t tabel 2,056 dan nilai signifikansinya sebesar 0,888.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning model, student learning motivation
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Jhonetta - Sembiring
Date Deposited: 20 May 2024 08:44
Last Modified: 20 May 2024 08:44
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item