MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RISKI GITA SARI BR SURBAKTI, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (950kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (187kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (306kB)
[img] Text
5. BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (717kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

RISKI GITA SARI BR SURBAKTI, NPM : 1715010056 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2020/2021”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2020/2021”. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV SD Negeri 040483 Payung yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah Metode Demonstrasi Pada Pokok Bahasan Benda dan Sifatnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan test, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan metode demonstrasi pada pokok bahasan Benda dan Sifatnya di kelas IV diperoleh data pada siklus I yaitu: observasi aktivitas guru 58% kategori cukup, observasi aktivitas siswa 68 kategoti cukup , diperoleh nilai rata- rata sebesar 74,3 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 64% dari 28 siswa terdapat 18 siswa yang memperoleh nilai ≥70 atau tuntas belajar dan 10 siswa yang tidak tuntas. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II diperoleh data yaitu: observasi aktivitas guru 80,1% kategori baik, observasi aktivitas siswa 84 kategori baik nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,5, dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal meningkat menjadi 89% dari 28 siswa terdapat 25 orang siswa yang memperoleh nilai ≥70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi telah berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dan hasil belajar siswa juga meningkat pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Benda dan Sifatnya di kelas IV SD Negeri 040483 Payung Kabupaten Karo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Methods, Science Lesson
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Riski Gita Sari Br Surbakti
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:37
Last Modified: 19 Jul 2021 03:37
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item View Item