GIRSANG, BETRI, BETRI GIRSANG (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL Picture and Picture PADA SUBTEMA 2 MATERI DAUR HIDUP HEWAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
1. SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (381kB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (117kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (152kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (305kB) |
![]() |
Text
5. BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (521kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (51kB) |
![]() |
Text
7. LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK BETRI BR GIRSANG, NPM : 1915010071 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI : “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL Picture and Picture PADA SUBTEMA 2 MATERI DAUR HIDUP HEWAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Picture and Picture pada pelajaran IPA materi Daur Hidup Hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA subtema 2 materi Picture and Picture siswa kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 25 orang siswa. Objek penelitian ini adalah Menggunaan model Picture and Picture kelas IV di SD Negeri 040454 Pceren Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 60,9% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa dengan nilai 66 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 11 siswa tuntas dan 14 tidak tuntas, sedangkan tuntas secara klasikal 59,2% dan nilai rata-rata 59,2%. Penelitian Pada siklus II pada aktivitas guru di peroleh 82,5% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa diperoleh nilai 90 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 22 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas. sedangkan tuntas secara klasikal 88% dengan nilai rata-rata 88. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran dengan model Picture and Picture pada Subtema 2 materi Daur Hidup Hewan siswa kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa sudah meningkat. Kata kunci : Pembelajaran, IPA, Hasil Belajar, Model Picture And Picture
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes Using Science Subjects Demonstration |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | BETRI BR GIRSANG |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 04:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 04:31 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/1061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |