HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI BERTINGKAT RAYA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

INDAH PERMATA SARI BR SITEPU, . (2021) HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI BERTINGKAT RAYA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (327kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (261kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (374kB)
[img] Text
5. BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (636kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Indah Permata Sari Br Sitepu, NPM:1715010014 “Hubungan Berpikir Kreatif Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Dalam suatu proses pembelajaran setiap siswa memiliki tingkah laku yang berbeda di dalam diri setiap siswa, ada yang aktif dan ada yang pasif, anak yang aktif biasanya lebih mandiri, percaya diri, ingin tahu, penuh semangat, cerdik, ulet, tidak bersedia menerima pendapat orang lain dan bisa juga tidak penurut. Sedangkan anak yang pasif biasanya lebih pendiam, tidak percaya diri dan takut untuk mengeluarkan pendapat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa tergolong pasif dalam merespon pertanyaan guru dan menganggap bahwa mata pelajaran IPS membosankan. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dalam pembelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan berpikir kreatif dengan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini di laksanaan di SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi pada tanggal 13 Februari 2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kela IV SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi yang berjumlah 20 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian (sampel total). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 82,45, dan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rata-rata 77, dan ada pengaruh yang signifikan antara berpikir kreatif dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci:Berpikir kreatif,Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Creative Thingking,Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Indah Permata Sari Br Sitepu
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:38
Last Modified: 19 Jul 2021 02:38
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item