ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2020/2021

Ralita Azaria Br Tarigan, . (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS V SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (81kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (738kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Ralita Azaria Br Tarigan. NPM : 1715010065 “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Siswa Kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran daring dan kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif-kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara dan dokumentasi pelaksanaan pembelajaran daring. Terlebih dahulu penyebaran angket dilakukan, kemudian dilaksanakan wawancara kepada siswa dan guru, kemudian dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh siswa kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021. Dari hasil penyebaran angket, diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran daring dengan skor terendah 28 dan skor tertinggi 37 dengan rata-rata 31,04. Dengan hasil rata-rata tersebut dinyatakan pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Terlaksana Kurang Baik. Sedangkan kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring didapatkan melalui wawancara dengan interview langsung atau melalui Video Call WhatsApp. Kemudian hasil wawancara yang didapatkan dari guru dan beberapa siswa yang di interview menyatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring dirasa kurang efektif, tidak adanya interaksi pembelajaran secara langsung sehingga membuat siswa cenderung lebih bebas dan merasa tidak diawasi, sarana penunjang efektivitas metode pembelajaran yang dirasa belum menjawab tantangan pelaksanaan pembelajaran daring, penggunaan paket data dan keterbatasan ekonomi menjadi salah satu penyebab kesulitan pelaksanaan pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Online Learning
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 307 Communities
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Ralita Azaria Br Tarigan
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:25
Last Modified: 19 Jul 2021 02:25
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item View Item