MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040467 LINGGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RUT GITA RIANI BR BARUS, GITA (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040467 LINGGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
File 1 (Cover).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (689kB)
[img] Text
File 2 (ABSTRAK).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (283kB)
[img] Text
file 3 (BAB I).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (292kB)
[img] Text
file 4 (BAB II).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (632kB)
[img] Text
file 5 (BAB III-V).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
file 6 (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
lampiran Ku (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, mengetahui ketuntasan hasil belajar dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan penyesuaian diri hewan dan tumbuhan di kelas V SD Negeri 040467 Lingga Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040467 Lingga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040467 Lingga yang berjumlah 32 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pokok bahasan penyesuaian diri hewan dan tumbuhan di kelas V SD Negeri 040467 Lingga Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan individu, ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil kegiatan aktivitas guru dan siswa di siklus I, untuk aktivitas guru di siklus I mencapai persentase 67,5% (baik), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase 81,5% (baik sekali). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai persentase 58% (cukup), sedangkan pada siklus II mencapai persentase 80% (baik). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,5 meningkat menjadi 85,6 pada siklus II. Dengan demikian hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan penyesuaian diri hewan dan tumbuhan di kelas V SD Negeri 040467 Lingga Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning, Learning Outcomes, Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: RUT GITA RIANI BR BARUS
Date Deposited: 08 Jul 2023 04:47
Last Modified: 08 Jul 2023 04:47
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item